Uji Kompetensi Bab 3 - Computational Thinking

Nama : Dara Cantika Febrian Kinasih

Kelas : XII MIPA 8

Absen : 10


Halaman 137-139


Pilihan Ganda

1. Tokoh yang paling dikenal pada bidang matematika yang biasa dijuluki "Bapak Algoritma" adalah B. Al Khawarizmi

2. Pemrograman dalam teknologi informasi memiliki berbagai macam bidang di dalam penggunaan nama sesuai fungsinya. Berikut yang tidak termasuk bidang pemrograman adalah pemrograman B. desain ulang

3. Dalam kehidupan kita sering melakukan perbandingan. Operator relasional melakukan kegiatan (perbandingan) yang digunakan untuk mencari nilal tidak sama dengan yaitu A. !=

4. Setiap programmer harus mengerti akan penggunaan kalimat perintah dalam aplikasi komputer. Berikut yang merupakan perintah keluaran adalah C. print

5. Berbagai macam bentuk flowchart dibuat pada komputer. Berbagai macam simbol memiliki arti sendiri. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk percabangan adalah

6. Perhatikan algoritma percabangan dengan pseudocode berikut:

Judul: Algoritma membandingkan dua buah nilai

Diketahui: A, B: integer

Algoritma:

input (A, B) if (A>B) then 
output ("Bilangan terbesar A") else
if (A<B) then
output ("Bilangan terbesar B")
else
Output ("Bilangan A dan B sama") end if
End if

Jika A diisi dengan nilai 25 dan B diisi dengan nilai 10 maka outputnya adalah B. Bilangan terbesar A 

7. Perhatikan struktur percabangan berikut:

if (x > 0)
cout << "x is positive"; 
else if (x < 0)
cout << "x is negative";
else
cout << "x is 0";

Jika variabel x diisi dengan nilai 15 maka outputnya adalah A. x 

8. Ada beberapa tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah. Manakah tahapan yang harus dilakukan? E.  Masalah-Pseudocode-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil

9. Jawaban manakah yang tepat untuk algoritma seperti berikut:

Susun algoritma untuk menampilkan angka 1 sampai dengan 100 secara menaik C. for (i=1;i<=100;i++) output ("nilai",i)

10. Lampu lalu lintas mengatur pemakai lalu lintas, dengan menyalakan lampu merah untuk berhenti, lampu hijau untuk berjalan, dan lampu kuning untuk persiapan. Prosedur paling tepat untuk keadaan ini adalah B. if then

B. Uraian
1. Algoritma adalah ururan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Contoh:
    1. Mulai

    2. Deklarasikan variabel v dan r

    3. Masukkan nilai r

    4. Hitung volume kubus dengan rumus v = r*r*r

    5. Cetak volume kubus

    6. Selesai

2. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemograman yang sebenarnya, seperti pascal atau C sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemogram. Contoh:
    - Masukkan nilai panjang rusuk

    - Hitung volume kubus dengan rumus panjang rusuk di pangkat 3

    - Cetak volume kubus

3. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antara proses beserta pernyataan nya. Contoh:

4. Algoritma Penjumlahan 2 Bilangan
    1. Mulai
    2. Inisialisasi variabel a,b, dan hasil
    3. Masukkan nilai a,b;
    4. Hitung hasil= a+b;
    5. Tampilkan nilai hasil
    6. Selesai

5. a. for
        Program Loop1;
        uses crt;
        var i:integer;
        Begin
              For i:=1 to 100 do
              Begin
                     writeln('Dara');
              End;
              Readln;
        end.

   b. While
Program Loop3;
uses crt;
var i:integer;
Begin
   i:=0;
   while i<4 do
   begin
      writeln(i);
      i:=i+1;
   end;
   Readln;
end.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas K.D 3.4

Tugas Pemograman HTML